7 Cara Menghemat Kuota Internet Yang Terbukti Ampuh

7 Cara Menghemat Kuota Internet Yang Terbukti Ampuh

Berapa sih, kuota internet kamu setiap bulannya? Puluhan Gigabyte? Ratusan GB? atau unlimited? Trik dan tata cara menghemat kuota internet hanya berlaku bagi kamu yang memiliki kuota pas-pasan seperti saya.

Cara hemat kuota internet ini berhasil diterapkan di smartphone android dan juga sering digunakan sebagai pemancar wifi ke laptop untuk keperluan blogging dan baca artikel.

cara menghemat kuota internet di android
Cara Ampuh Hemat Kuota Internet - pixabay.com
Saya bisa berinternetan setiap harinya sampai satu bulan penuh dengan kuota sebesar 15 GB dari Telkomsel. Harganya cukup murah karena kartu yang saya gunakan dapat PROMO dari telkomsel. Kuota terbatas tersebut cukuplah untuk keperluan seperti blogging, seacrh information, social media, dan lain-lain termasuk menonton video youtube sesekali.

Sekedar informasi

Saat provider memberikan bonus dan promo internet sebenarnya kita cenderung lebih boros dengan kuota internet yang kita punya tersebut. Semakin banyak promo maka semakin banyak kuota yang akan dihabiskan. Karena itu, manfaatkan promo sebaik mungkin bukan kamu yang dimanfaatkan promo!

Cara Menghemat Kuota Internet


Berikut cara menghemat kuota internet yang terbukti ampuh berdasarkan pengalaman pribadi. Saya sudah menggunakan kuota internet dari Telkomsel dengan harga 75k per 15 GB tiap bulannya selama 6 bulan ini. 15 GB tersebut bahkan juga tidak habis digunakan tapi semua kebutuhan internet terpenuhi.

Note:

- Tips menghemat kuota ini tidak cocok untuk Online Gamers atau pun Youtuber. Mereka cenderung memiliki budget di atas rata-rata dan kuota mereka unlimited karena memiliki indihome, wifi sendiri.
- Tips menghemat kuoat internet ini cocok diterapkan oleh Blogger. Juga sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa dan setiap orang yang hanya berinternetan untuk keperluan browsing mata pelajaran maupun bersenang-senang.

1. Bijak dengan Sosial Media


Bagaimana cara menghemat kuota Instagram atau Whatsapp? Cara terbaik adalah dengan tidak menggunakannya. Saya tidak bermaksud melarang untuk menggunakan sosial media apapun tapi saya hanya ingin mengatakan bahwa bijaklah menggunakan sosial media.
Cukup gunakan sosial media yang seperlunya dan paling dibutuhkan. Agar tips ini berhasil maka saya hanya menggunakan sosial media yang penting seperti Facabook dan Whatsapp. Saya juga memiliki akun instagram tapi tidak menggunakan aplikasi ini di android karena saya belum memiliki kebutuhan apapun dengan sosial media ini.

2. Install Aplikasi Sosial Media Seperlunya


Seperti yang saya katakan di atas, saya hanya menginstall beberapa aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Messenger dan Facebook lite. Semuanya hanya untuk keperluan chatting dan chatting, sekali-kali digunakan untuk melihat status teman-teman di Facebook. Itupun semuanya dilakukan di browser opera mini dan jarang menggunakan aplikasi facebook lite sekalipun meskipun terinstall.

3. Manfaatkan Free.facebook.com


Salah satu hal yang paling saya senangi dari Facebook adalah fitur free.facebook.com. Meskipun tidak dapat melihat foto dan video ada beberapa keunggulan mengakses Facebook menggunakan free.facebook.com, yaitu kecepatan loading yang jauh lebih cepat.

Free.facebook.com pasti juga saya terapkan saat mengakses Facebook di laptop ketimbang menggunakan web.facebook.com yang loading lama. Dan juga, saya akan lebih suka mengakses Facebook tanpa kuota dengan browser Opera Mini jika di hp Android dan jika di PC maka saya akan menggunakan Browser Google Chorme dan Mozilla Firefox.

4. Gunakan Hotspot dengan Bijak


Saya lebih banyak menghabiskan waktu berinternet di depan laptop karena itu saya hanya menggunakan hp android sebagai pemancar wifi. Setiap selesai berselancar atau pun sedang menulis di blog seperti ini maka data seluler di hp android akan dinonaktifkan sementara sampai akan digunakan lagi. Bayangkan saja, jika kita membuat artikel selama 2 jam dan data seluler terus aktif? Terbuang percuma kan?

Matikan data seluler saat sedang tidak digunakan atau pun saat keperluan di laptop tidak membutuhkan loading. Hal ini juga berlaku saat akan membaca artikel yang panjang di smartphone maupun di laptop. Saya sering membuka banyak tab browser dan membaca semua artikelnya saat data seluler sudah dinonaktifkan.

5. Manfaatkan Wifi Gratis 


Kurangi menginstall dan download aplikasi menggunakan kuota internet terbatas. Manfaatkan wifi gratis untuk download dan install game, termasuk download video youtube. Non-aktifkan update aplikasi otomatis. Kamu bisa memanfaatkan wifi gratis untuk melakukan update aplikasi dan OS yang kamu miliki.
Salah satu keuntungah yang dapat dimanfaatkan adalah fitur 3G dan 4G pada kartu yang digunakan. Jika hanya untuk keperluan browsing maka saya hanya akan menggunakan jaringan 3G.

6. Pasang Browser yang Hemat Data


Sebenarnya tidak ada browser yang hemat maupun boros kuota. Yang ada adalah pemakai kuota internet yang boros. Namun ada beberapa aplikasi yang cukup cocok digunakan di smartphone jika hanya untuk keperluan browsing dan sosial media seperti facebook. Apliasi tersebut adalah aplikasi Opera Mini. Saya bahkan memasang 2 aplikasi Opera Mini di smartphone secara langsung hanya digunakan untuk browsing dan akses facebook.

7. Manfaatkan Waktu Terakhir


Setelah semua langkah di atas berhasil diterapkan maka bisa dipastikan disaat terakhir saat masa berlaku paket akan berakhir maka kuota internet masih ter-save. Disitulah waktu yang tepat untuk bersenang-senang. Pada menjelang akhir masa berlaku paket internet Telkomsel yang saya gunakan selama hampir satu bulan maka saya akan menggunakannya untuk mendownload video youtube ataupun aplikasi.

Kadang saya tidak membutuhkan video-video tersebut sekarang tapi saya download saja agar kuota internet tidak terbuang percuma. Saya suka mendownload video-video inspirasi untuk memacu semangat untuk hidup ditengah mahalnya kuota internet. wkwkwk!

Masalah Utama Penyebab Boros Kuota


Dari semua cara hemat kuota internet di atas, masalah utama yang membuat seseorang boros kuota adalah tidak bijak menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Aplikasi mobile yang terpasang di Android berupa Sosial Media Applications sebaiknya di-uninstall jika tidak diperlukan dan akses menggunakan web browser saja.

Sebenarnya masalah kuota internet yang boros dengan bersosial media tidak akan menjadi masalah ketika kita memanfaatkan sosial media tersebut sebaik mungkin dan sesuai kebuhan kita. Para pebisnis seperti online shop, tidak akan bermasalah dengan kuota internet sekalipun menggunakan semua aplikasi sosial media seperti instagram dan facebook untuk mempromosikan produknya.

Saya tahu bahwa internet sudah menjadi kebutuhan kita setiap harinya. Baik hanya untuk bersenang-senang dengan sosial media maupun yang menjadikan internet sebagai sumber penghasilan. Banyak orang di dunia ini tidak bisa lepas dari internet karena digunakan untuk mencari uang seperti blogger dan pemilik olshop maupun yang berjualan online.

Oleh sebab itu, kita harus bijak memanfaatkan kuota internet agar tidak menjadi pengeluaran yang tidak berarti. Dan menghemat kuota internet adalah salah satu hal kecil yang dapat menjadi jalan menghemat uang di dompet kita. 

Mungkin sebagian orang tidak peduli tentang ini tapi saya cukup peduli. Apakah saya menyiksa diri dengan cara menghemat kuota internet seperti trik di atas? Tentu tidak, karena saya tahu menggunakan media sosial dan berselancar hanya untuk memenuhi kebutuhan dan bukan hanya menggunakannya untuk memuaskan keinginan belaka.

Jangan lupa untuk berbagi pengalaman dan tips serta trik yang kamu gunakan untuk menghemat kuota internetmu! Sekali pun kamu memiliki kuota yang lebih banyak ataupun unlimited akan lebih bijak dan berharga jika digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat!

Demikianlah cara menghemat kuota internet, secara khusus kuota internet Telkomsel di smartphone android maupun di laptop. Bijaklah menggunakan sosial media agar tidak membuang-buang waktu dan kuota internet yang mahal. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!