Skip to main content

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dalam Satu Hari

Cara Mudah Mengetik 10 Jari - Hidup di dunia modern ini menuntut siapapun untuk bergerak lebih cepat. Begitu pun juga bagi mereka yang hidup di depan komputer pastinya tidak akan pernah berhenti mengetik. 
cara mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah
Teknik Mengetik 10 Jari Cepat - pixabay.com
Berbicara tentang mengetik, masih banyak orang yang telah lama mengetik dengan keybioard komputer namun kecepatan mengetiknya masih slow.

Hari ini, kita akan mengulas tentang teknik dan tata cara mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah. Saat saya mempraktikkan teknik ini, hanya sekitar 7 hari saya bisa membuat jari-jemari saya menari di atas keyboard laptop. Bukan tidak mungkin Anda menguasai teknik ini dalam waktu 1 hari.

"Siapa cepat dia dapat, tapi hidup ini bukan hanya soal perlombaan dan menang."

Mengapa harus mengetik 10 jari? 


Alasannya sama dalam dunia musik. Saya selalu belajar bahwa kecepatan atau speed bermain gitar melodi sama kerjanya dengan mengetik 10 jari. Saat seorang gitaris bermain gitar melodi dengan speed yang memadai maka ia pasti akan lebih mudah mencari melodi suatu lagu atau pun mengikuti irama lagu yang ngebit atau speednya di atas rata-rata.

Demikian pun dengan mengetik 10 jari, dapat memberikan keuntungan dalam hal efisiensi waktu dan kerja lebih cepat serta porsi pekerjaan dapat lebih besar. Endingnya, waktu untuk keluarga semaikn banyak dan penghasilan tetap masuk. Mengetik 10 jari salah satu bentuk dari kerja cerdas.

Sekedar Informasi

Stella Pajunas (1946) adalah orang dengan kecepatan mengetik tercepat di dunia dengan kecepatan 216 WPM. Tapi yang tercatat di Guiness Book Record adalah Barbara Blackburn yang dapat mengetik dengan kecepatan yang stabil dalam waktu 50 menit dengan kecepatan mengetiknya 130 WPM. Jika Barbara mengetik dengan kecepatan penuh maka ia dapat meraih kecepatan 212 WPM.

Bagi pekerja online, freelancer content writer ataupun full time blogger, mahasiswa, pelajar, terlebih programmer mereka dituntut untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk mengefisienkan waktu adalah dengan menambah kecepatan mengetik. Jadi yang selama ini mengetik dengan 11 jari (telunjuk dan telunjuk), mari kita belajar rahasia dan teknik mengetik 10 jari. 
Dalam dunia perkantoran pun yang tidak lepas dari komputer pastinya membutuhkan pekerja yang kecepatan mengetiknya lebih cepat dan tepat. Orang yang sering menggunakan ms. office pastinya akan sangat terbantu jika dapat mengetik dengan 10 jari karena memang hasilnya akan jauh lebih cepat.

Saya menerapkan tutorial mengetik cepat ini selama 1 minggu dan hasilnya cukup memuaskan. Jadi, saya pikir ini pun dapat diterapkan oleh pemula yang ingin mahir mengetik dengan cepat.

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat


Berikut tata cara mengetik 10 jari dengan mudah dan cepat beserta posisi jari pada keyboard lengkap dengan gambarnya.

cara mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard
Gambar mengetik 10 jari - riarizkyrachmawati.blogspot.com

1. Perhatikan Posisi Jari


A. Jari Tangan Kiri


- Jari Kelingking

Jari kelingking khusus menekan tombol 1, Q, A, Z, TAB, CAPS LOCK, SHIFT, dan CTRL

- Jari Manis

Jari manis khusus menekan tombol 2, W, S, dan X

- Jari Tengah

Jari tengah khusus menekan tombol 3, E, D, C

- Jari Telunjuk

Jari telunjuk khusus menekan tombol 4, R, F, V, 5, T, G, B

- Ibu Jari 

Jempol khusus menekan tombol spasi pada keyboard

B. Jari Tangan Kanan


- Ibu Jari

Ibu Jari digunakan untuk menekan tombol spasi

- Jari Telunjuk 

Jari telunjuk kanan khusus menekan tombol 6, Y, H, N, 7, U, J, M

- Jari Tengah

Jari tengah khusus menekan tombol 8, I, K, Koma

- Jari Manis

Jari manis khusus menekan tombol 9, O, L, Titik

- Jari Kelingking

Jari kelingking khusus menekan tombol 0, P, Titik Dua, tanda petik, Backspace, tanda slash, dll.

cara mudah belajar mengetik cepat 10 jari
Gambar Jari pada keyboard - office.kampusrahasia.com


Tips Mengetik 10 Jari dengan Cepat


Setelah mengetahui posisi jari yang tepat pada teknik mengetik 10 jari maka saatnya untuk menerapkannya pada keyboard laptop atau komputer.

1. Hafal urutan posisi huruf di keyboard


Proses menghafal posisi jari pada keyboard ini harus benar-benar di luar kepala. Bukan hanya menghafal letak huruf namun memang juga harus mengetahui jari apa yang harus digunakan untuk mengetik suatu huruf.

2. Pasang jari di posisi


Pada tahap pemula, sebaiknya langsung memasang jari di atas keyboard sesuai dengan posisinya masing-masing.

3. Center Position F dan J


Center position adalah jari yang memiliki peran paling utama. Jari tersebut adalah kedua jari telunjuk. Perhatikan pada tombol F dan J. Keduanya diberi tanda khusus. Tanda khusus tersebut dapat dimanfaatkan agar posisi semua jari benar-benar pada tempatnya. Saat selesai mengetik satu huruf atau simbol pastikan jari telunjuk kembali pada center position F dan J.

4. Cari pola kalimat untuk berlatih


Ada banyak kombinasi kalimat yang dapat digunakan untuk berlatih mengetik cepat. Kombinasi tersebut akan membuat jari-jari menari di atas keyboard karena letak huruf-huruf dalam kalimat tersebut memang berjauhan.

Sekedar informasi tools populer untuk berlatih mengetik 10 jari dengan cepat

Aplikasi untuk berlatih mengetik cepat : Rapyd Typing Tutor
Situs web untuk berlatih mengetik dengan cepat : Typingweb.com


5. Mengetik Lirik Lagu dan Naskah


Salah satu tips dari pengalaman pribadi saya yang cukup ampuh adalah mengetik lirik lagu yang saya hafal. Jadi, saya tidak akan fokus kepada keyboard tapi kepada monitor. Setelah berhasil mengetik lirik lagu dengan cepat menggunakan 10 jari maka bisa dilanjutkan dengan mengetik naskah. Naskah pastinya akan lebih sulit untuk diketik karena kita tidak tahu kata selanjutnya.

6. Jangan fokus pada keyboard


Tinggalkan keyboard laptop dan fokus pada layar monitor. Salah satu teknik yang sulit untuk dilakukan oleh pemula adalah mengetik tanpa melihat keyboard. Namun pada dasarnya, mengetik dengan melihat keyboard malah memperlambat proses mengetik dan tingkat akurasi ketikan juga tidak terjamin. Berbeda jika langsung melihat keyboard kita akan langsung melihat kesalahan typing atau istilah kerennya typo.

7. Berlatihlah


Semua butuh proses. Sampai hari ini saya pun tidak bisa mengatakan bahwa saya sangat lancar mengetik. Saya masih terus belajar dan berlatih untuk menambah kecepatan mengetik 10 jari yang benar dan mudah. Selain cepat juga harus tepat, ya!

Pada awalnya, kita akan merasa kaku menerapkan metode di atas, namun berlatih dapat membuat tangan dan jari lebih lentur. Selain itu, pastikan tetap menjaga posisi duduk di depan komputer, Salah satu yang menyebabkan lambatnya seseorang dalam mengetik adalah posisi duduk dan pandangannya terhadap monitor yang kurang tepat.

Demikianlah artikel tentang cara mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah diterapkan untuk pemula. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Cobalah untuk mengetik di kolom komentar di postingan ini.

  September 30, 2018
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close