Cara Beli Bibit Online Murah Dengan Aman

Cara Beli Bibit Online Murah Dengan Aman

Cara Membeli Bibit Tanaman Murah Secara Online - Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tentang pengalaman membeli bibit tanaman secara online untuk yang pertama kalinya. Banyak yang berbagi pengalaman buruk sekaligus mengecewakan beli bibit online. Syukurlah, pengalaman saya membeli bibit online lancar dan aman jaya, tidak ada kendala sama sekali.
cara beli bibit tanaman buah online
Order Bibit Tanaman Buah


Pengalaman membeli tanaman lewat online


Saya melihat banyaknya transaksi jual beli bibit tanaman secara online di salah satu grup tabulampot di facebook. Dengan penuh hormat, nama grup facebook tersebut adalah Tabulampot Indonesia. Grup pecinta tanaman buah dalam pot ini lebih banyak membahas tentang bisnis tabulampot dan anggotanya bebas menjual bibit tanaman buah terbaik mereka kepada anggota lainnya.

Setiap harinya, transaksi jual beli bibit tanaman online di grup ini cukup banyak. Namun mata saya tertuju pada salah satu penjual bibit tanaman dari Magelang, Zaen Bibit Tanaman.

Pengalaman Beli Bibit Online dari Zaen Bibit Tanaman menjadi pengalaman pertama saya dalam membeli barang secara online juga. Sebelumnya, saya belum pernah membeli barang fisik secara online.

Saat itu, saya pesan 2 bibit tanaman, yaitu bibit kelengkeng matalada dan bibit alpukat aligator. Masing-masing bibit diberi harga Rp50.000,-. Saya tidak mengetahui cara beli bibit online di Mas Zean, sebut saja namanya begitu. Namun Mas Zean memberitahukan cara beli bibitnya secara online.

Pertama-tama, dia meminta alamat lengkap saya untuk mengecek harga ongkir. Wow! Setelah dicek ternyata harga ongkirnya lebih mahal dari bibit itu sendiri. But, it's not a problem, saya harus memesan tanaman ini sebagai investasi untuk masa depan.

Pada 18 September 2018, saya melakukan transfer ke rekening Zean Bibit Tanaman sesuai dengan harga bibit yang saya pesan dan biaya operasional dalam pengiriman, mulai dari biaya karantina sampai biaya ongkir ke Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Berikut estimasi pembelian bibit online dari Zean Bibit Tanaman


- Harga 1 Bibit Alpukat Aligator Rp50.000,-
- Harga 1 Bibit Kelengkeng Matalada Rp50.000,-
- Biaya Karantina sebesar Rp35.000,-

biaya ongkir murah saat beli bibit online
Biaya Karantina Saat Order Bibit Online
Saya tidak terlalu paham dengan biaya karantina ini. Namun saya yakin ini pasti untuk kenyamanan dan keamanan bersama. Untuk lebih lengkap tentang biaya karantina bisa ditemukan di website karantinayogya.org. Saya melihat alamat website Badan Karantina Pertanian secara khusus Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta di kemasan bibit yang saya terima setelah paket sampai.

- Biaya Ongkir

jasa ongkir murah
Jasa Pengiriman Lion Parcel
Biaya ongkir ini dipengaruhi oleh jasa pengiriman yang digunakan dan tujuan kiriman. Saya serahkan semua proses pengiriman ke Mas Zean. Dia menggunakan jasa Lion Parcel dengan alasan lebih murah. Informasi baru nih bagi saya. Sebelumnya, saya hanya tahu jasa pengiriman seperti POS, JNE, J&T, TIKI saja.

Dari Salaman, Magelang, Mas Zean mengirim bibit yang saya pesan ke alamat Desa Mukti Tama, RT/RW 001/003, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Untuk harga ongkirnya kurang lebih sekitar Rp67.000,- per kilogramnya via POS.

Pengiriman bibit oleh Maz Zean dilakukan pada tanggal 18 September 2018 melalui Lion Parcel. Sangat cepat karena saya bayarnya di siang hari dan dikirim pada sore hari. Hal ini ditandai dengan pesan masuk dari LionParcel di nomor hp yang saya berikan ke Maz Zean. Pesan tersebut berisi resi untuk tracking lokasi barang yang dipesan. Kira-kira pesan dari lionparcel seperti di bawah ini.


LionParcel - Pelanggan Yth, No. STT/Resi paket Anda adalah 11-18-1714271, dikirim oleh ZAEN BIBIT TANAMAN pada 18/09/2018. Status paket bisa dicek di lionparcel.com

Hanya beberapa hari, bibit tanaman yang saya pesan tiba di rumah oleh Pak POS sekitar jam 14.00 WITA pada tanggal 22 September 2018. Saat itu saya sedang tidur dan orang di rumah yang menerima paketnya.  

Saya pesan hari Selasa, dikirim hari Selasa dari Magelang, diterima di Desa Mukti Tama, Baebunta, Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada hari Sabtu. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 hari untuk paket sampai di rumah.

Saya tidak melihat proses membuka kemasannya, tapi saya masih melihat cara Maz Zean membungkus bibit tanamannya saat dikirim ke luar kota. Dia menggunakan Cocopit (Sabut kelapa yang dihancurkan dan dihaluskan) untuk membungkus akar bibitnya yang dibungkus dengan polibag.

cara order bibit buah secara online
Bibit Alpukat Aligator dan Bibit Lengkeng Matalada
Sesuai permintaan, bibit tanaman sampai dalam waktu yang relatif cepat dan dalam keadaan segar dan baik. Panjang kelengkeng matalada yang saya pesan sekitar 27 cm dan untuk alpukat aligator sepanjang 35 cm. Semua bibit menggunakan teknik perbanyakan sambung pucuk.

Penanganan bibit tanaman beli online


Sebenarnya saya tidak mengalami masalah seperti yang banyak dikeluhkan beberapa orang yang membeli bibit tanaman secara online. Banyak yang bertanya tentang cara mengatasi tanaman stress setelah pengiriman namun untuk kasus belanja bibit online di Maz Zean, bibit yang saya terima dalam keadaan oke dan segar. 

Oleh karena itu, saya hanya akan berbagi tentang langkah yang saya ambil lebih tepatnya ayah lakukan setelah menerima bibit secara online.

1. Membuka kemasan secara hati-hati


Kemasan harus dibuka secara hati-hati agar tidak melukai tanaman yang di dalamnya. Namun tidak perlu khawatir, cara penjual bibit online mengemas produknya sangat terjamin kok.

2. Membuka polibag yang membungkus akar tanaman 


Mas Zean tidak meggunakan tanah namun menggunakan cocopit sehingga selama masa pengiriman, akar tanaman tetap lembab. Saya berasumsi bahwa yang menyebabkan bibit tanaman buah yang saya pesan tetap dalam keadaan segar adalah karena cocopit ini.

3. Memindahkan bibit ke dalam polybag atau pot


Sebelum membuka polibag saya sudah menyiapkan media tanam terlebih dahulu berupa pot. Sebenarnya, bibit ini rencananya akan ditanam di tanah secara langsung. Namun sebelumnya, harus ditanam di pot terlebih dahulu sampai tunas baru tumbuh.

4. Menyiram tanaman


Penyiraman tanaman yang dibeli secara online harus maksimal setelah diterima. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kesegaran tanaman yang terbungkus beberapa hari dan pastinya akan membutuhkan air banyak.

5. Simpan tanaman di tempat teduh


Setelah semua proses di atas, saatnya untuk menunggu bibit mengeluarkan tunas baru. Selama proses ini, sebaiknya tanaman disimpan di tempat yang teduh namun tetap mendapat sinar matahari yang cukup. Sebaiknya tanaman diletakkan di kamar mandi dan sekali-kali dijemur di bawah sinar matahari.

Cara Aman Beli Bibit Online Murah


Sebelumnya saya tidak mengenal Mas Zean. Namun, mengapa saya bisa percaya dan berani melakukan pembayaran terlebih dahulu? Bukan karena nominalnya kecil, karena saya tidak ingin mengambil resiko yang tidak perlu sekalipun nominalnya krugiannya kecil. Sedikit cerita, Maz Zean tidak memiliki toko marketplace di tokopedia, shopee, lazada atau situs marketplace lainnya. 

Saya banyak mendengar kalau order barang secara online dapat beresiko penipuan. Terlebih dalam hal order bibit tanaman, bisa saja bibit yang digunakan adalah bibit yang tidak berkualitas, yang indukannya tidak diketahui. Untuk mengatasi masalah pembelian bibit secara online maka berikut tips-tips yang dapat dierapkan dalam mengorder bibit online.

1. Melihat Riwayat Akun Penjual


Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa Maz Zean tidak memiliki toko di situs marketplace seperti penjual online pada umumnya. Dia hanya menggunakan akun facebook. Saya melihat riwayat akun facebook Mas Zean yang dia gunakan untuk mempromoasikan bibit tanaman buahnya. 

Setelah melihat riwayat di tahun 2018 ke bawah, seperti tahun 2017, 2016, dan 2015 memang Mas Zean rutin berbisnis tabulampot. Di tahun 2015, saya melihat facebooknya sudah mulai memposting bibit tanaman.

2. Melihat Testimoni Pembeli


Testimoni pembeli adalah kunci utama dari bisnis jual beli online . Saya melihat bahwa akun facebook penyedia bibit tanaman buah ini cukup meyakinkan kan tidak ada feedback negatif dari pembeli.

3. Akun Asli


Sepertinya saya harus mencontoh akun facebook asli yang menggunakan akun asli mereka sebagai akun bisnis untuk membangun sebuah brand. Mas Zean menggunakan akun ini sudah beberapa tahun sehingga bisa dikatakan bahwa dia menggunakan akun facebook asli dalam menjalankan bisnisnya.

4. Totalitas Penjual


Akun palsu yang sering menipu korbannya tidak akan totalitas dalam melayani pembeli. Berbeda dengan akun asli. Saya lagi-lagi menggunakan Mas Zean sebagai contoh kasus. Sebenarnya saya hanya ingin tanya-tanya seputar bibit. Namun dia juga memberitahukan harga ongkir dan biaya lainnya jika ingin memesan bibit secara online. Akhirnya, saya setuju saja untuk memesan bibit buah dari Mas Zean dan hasilnya tidak mengecewakan seperti pengalaman beli online beberapa orang.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membeli bibit tanaman buah atau sayur secara online? Jangan ragu-ragu, pertimbangkan semua aspek di atas agar tidak menyesal saat barang tidak tiba atau pun tiba tapi hasilnya tidak bagus. 

Sedikit masukan untuk penjual bibit tanaman secara online agar bergabung di situs marketplace sehingga biaya ongkir lebih murah. Atau jika ingin yang lebih keren lagi, bisa membuat website sendiri dengan bantuan programmer. Website dan blog di masa depan akan sangat membantu banyak bisnis.

Untuk para penipu, saran saya saatnya untuk membangun bisnis yang halal. Jangan hanya tergiur dengan keuntungan sesaat yang merugikan orang lain. Hidup sebagai wiraswasta itu menggairahkan dan penuh dengan pengalaman hidup yang berharga.

Untuk para pembeli, jeli dan teliti dalam melihat harga barang yang ditawarkan. Jangan hanya karena murah maka kita seenaknya melakukan transfer tanpa mengikuti tips aman membli online seperti contoh di atas.

Demikianlah artikel tentang pengalaman membeli tanaman secara online murah, penanganan bibit yang baru sampai dan yang terakhir adalah cara aman bertransaksi jual beli bibit online. Semoga bermanfaat dan terima kasih!
Advertisement

Baca juga:

Tingglakan Komentar
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!

1 2 3 4 5 6