Skip to main content

4 Cara Agar Tanaman Buah dalam Pot Cepat Berbuah

Cara Mudah Agar Tanaman Buah dalam Pot Cepat Berbuah - Apa jadinya jika tanaman tabulampot tidak berbuah? Bisa dikatakan itu bukan lagi tanaman tabulampot tapi bunga dalam pot yang berfungsi hanya sebagai hiasan. Untuk berbisnis di dunia tabulampot ada banyak pengetahuan tentang tanaman yang harus diketahui. Salah satu yang sangat penting adalah cara membuat tanaman cepat berbuah.

cara agar tanaman tabulampot cepat berbuah
Cara Membuat Tanaman Tabulampot Cepat Berbuah
By Keyza Ayunda
Tanaman dalam pot pada umumnya bisa berbuah dalam waktu kurang dari satu tahun jika tanaman tersebut adalah hasil cangkok dari tanaman induk yang sudah pernah berbuat. Namun ada kalanya waktu itu terlalu singkat untuk tanaman bisa berbuah. Terlebih jika kita hanya menanam tanpa memelihara dengan baik.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips dan rahasia cara membuat tanaman tabulampot cepat berbuah. Langsung saja, berikut langkah-langkah cara membuat tanaman tabulampot cepat berbuah.

Langkah-langkah Membuat Tanaman Tabulampot Berbuah


Langsung saja, berikut langkah-langkah membuat tanaman buah dalam pot cepat berbuah.

1. Pemupukan Tanaman


Tahap pertama adalah melakukan pemupukan tanaman secara teratur. Pemupukan ini dilakukan sebelum di tanaman dibuat stress dan sebelum pemangkasan tangkai dilakukan. Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk phonska.

Baca juga Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot

2. Stress Air


Tahap selanjutnya adalah membuat tanaman stress. Cara cukup mudah, cukup letakkan tanaman di bawah sinar matahari dan hentikan penyiraman tanaman tabulampot selama beberapa hari sampai tanaman terlihat layu. Jangan sampai benar-benar layu karena dapat membunuh tanaman.

3. Lakukan Pruning


Pruning adalah proses pemangkasan tanaman. Sebelum tanaman stres, atau pada hari pertama dihentikannya penyiraman sebaiknya pruning segera dilakukan. Dengan demikian, tunas baru akan muncul beberapa hari kemudian yang akan membawa daun beserta bunga bakal buah.

4. Pemupukan dan Penyiraman Kembali


Setelah tanaman stres dan terlihat layu, saatnya untuk melakukan booster sehingga tanaman bisa segera berbunga dan menghasilkan buah. Lakukan penyiraman terhadap tanaman disertai pemupukan.

Pupuk yang sangat baik agar tanaman cepat berbuah setelah proses penyetresan adalah pupuk phonska. Pupuk ini akan merangsang pertumbuhan tunas baru beserta bunga yang akan menjadi buah.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi tumbuhan cepat berbuah seperti umur tanaman dan jenis tanaman. Proses di atas tidak menjamin tanaman tabulampot akan segera berbuah. Tapi itu adalah pengalaman beberapa Sahabat Tabulampot Indonesia yang mereka bagikan bersama kami.

Setelah berbunga dan menghasilkan buah, tahap selanjutnya adalah mempertahankan bunga dan buah agar tidak gugur. Biasanya tanaman yang dibooster sehingga cepat berbuah yang sebenarnya belum siap berbuah dapat saja mati atau membuat buah itu gugur kembali. Jadi, sebaiknya tanaman tabulampot berbuah saat semuanya sudah matang mulai dari bagian batang dan ranting untuk menahan buah.
Demikianlah cara membuat tanaman buah dalam pot cepat berbuah. Semoga bermanfaat dan bisnis tabulampotnya semakin berkembang! Terima kasih dan sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya. Jangan lupa komentar ya!
  September 30, 2018
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close